Skip to content

KASUS DALAM SEBUAH PERUSAHAAN

Maret 4, 2012

kasus-kasus dalam perusahaan beserta pemecahannya

salah satu permasalahan yang dihadapi oleh manajemen perusahaan adalah suatu krisis yang melanda perusahaan. berbagai contoh krisis perusahaan adalah kasus penyedap makanan ajinomoto yang diduga terbuat dari bahan berasal dari babi. sebelumnya pernah juga terjadi krisis yang melanda pabrik biskuit dari pabrik susu yang terkait dengan isu biskuit beracun dan isu penggunaan lemak babi.

kedua masalah tersebut telah berkembang menjadi isu nasional dan telah melibatkan banyak pihak didalama penanganannya. implikasi dari kedua masalah tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap perusahaan besar, tetapi juga telah membuat perusahaan kecil dan pedagang kecil ikut merasakan akibatnya. sekian banyak pengangguran yang terjadi, dan sekian banyak produk yang tidak laku dijual.

disamping masalah yang sangat besar seperti contoh diatas, tidak jarang perusahaan dilanda oleh masalah yang implikasinya hanya terbatas pada ruang lingkup satu perusahaan saja. beberapa contoh krisis yang dihadapi perusahaan adalah :

1) masalah pencemaran lingkungan oleh pabrik.

2) masalah unjuk rasa oleh pekerja.

3) masalah produk yang tidak bisa dipasarkan.

4) masalah kericuhan dengan pemerintah dalam hal peraturan yang berkaitan dengan izin usaha.

kiat menghadapi krisis.

menumbuhkan kepercayaan masyarakat pada perusahaan.
bila masyarakat memiliki kepercayaan terhadap suatu perusahaan yang memiliki produk yang dikonsumsi oleh mereka, biasanya masyarakat tidak mudah termakan isu yang disebarkan oleh orang tertentu yang ingin merugikan perusahaan.

menangani krisis.

bila tim manajemen krisi sudah dibentuk dan sudah berhasil mengidentifikasi krisis, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis untuk melakukan tindakan apa yang harus diambil.

untuk membuat langkah yang tepat diperlukan informasi yang lengkap dan teknik pengambilan keputusan yang baik, serta sikap mental yang mendukung. oleh karena itu sangat diperlukan pengetahuan yang memadai dalam hal teknik pengambilan keputusan.

http://aaanbee.blogspot.com/2010/10/kasus-kasus-dalam-perusahaan-beserta.html

From → Uncategorized

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: