Skip to content

Sistem Informasi Manajemen

1. Cari contoh aplikasi SIM real dari instansi tersebut ?
jawab :

KOMTRAX merupakan singkatan dari Komatsu Machine Tracking System yang menggunakan state-of-the-art teknologi komunikasi bergerak dan berbasis internet untuk mengetahui rekam jejak pada alat konstruksi, misalnya tentang lokasi alat terkini, waktu operasi, jumlah bahan bakar yang tersisa, informasi vehicle cautionary dan jadwal penggantian consumable parts. Saat ini KOMTRAX sudah menjadi fitur standar untuk alat konstruksi berukuran kecil dan menengah.
KOMTRAX (Komatsu Machine Tracking System) adalah sistem inovasi baru yang memanfaatkan teknologi komunikasi mobile dan teknologi internet yang sedang berkembang. Sistem ini memungkinkan karyawan di kantor untuk memperoleh akses ke mesin dan data yang sebelumnya hanya bisa diakses di lapangan, seperti posisi mesin saat ini, service meter (hour meter) dan pembacaan alat ukur bahan bakar, indikasi masalah mesin, dan waktu penggantian suku cadang. KOMTRAX menyediakan “Total Fleet Management System” yang mampu untuk meningkatkan pemanfaatan armada alat berat, mengurangi downtime, efektifitas biaya kerja, serta menurunkan biaya kepemilikan dan operasi.
KOMTRAX memudahkan anda untuk mengontrol keadaan mesin dengan memberikan informasi penting tentang peralatan dan operasi mesin. Tanda-tanda tidak wajar pada mesin akan diinformasikan kepada PT United Tractors Tbk (UT) sebagai distributor resmi Komatsu, seperti masalah serius yang terjadi, memungkinkan untuk dukungan yang lebih baik, pengurangan biaya, dan mengurangi downtime.

Alat berat yang menggunakan terminal KOMTRAX berfungsi untuk mengumpulkan data-data sebagai berikut:
1. informasi lokasi, dengan menggunakan sebuah penerima global positioning system (GPS) internal.
2. informasi dari berbagai sensor dan controller dari alat tersebut. Data ini disiarkan ke web server Komatsu melalui satelit. Server menyimpan informasi yang diterima dari setiap alat di sebuah basis data dan data ini dapat diakses oleh para pelanggan, sales atau perusahaan rental.

 

2. Sebutkan mengapa akibat aplikasi tersebut ?

jawab :

Fleet Summary
Tabel working status sehari-hari menunjukkan kelengkapan armada dan laporan tentang berapa jam setiap mesin bekerja setiap hari.
Lokasi
KOMTRAX memanfaatkan jaringan satelit posisi secara global untuk memberitahu Anda di mana mesin Anda setiap saat; dilengkapi dengan logistik, jadwal bahan bakar, dan jadwal pemeliharaan, serta mengurangi bahkan menghilangkan kemungkinan pencurian dan atas pemakaian yang tidak disetujui.
Daerah Operasi (Geofence)
PT United Tractors Tbk sebagai distributor tunggal produk Komatsu di Indonesia dapat membantu dalam menciptakan daerah operasi (Geofences) yang menunjukkan di mana mesin-mesin Anda diharapkan untuk beroperasi. Jika dari laporan posisi yang diterima, mesin berada di luar wilayah yang ditetapkan, peringatan akan diberitahukan dan ditampilkan secara online.Service Meter Reading
Jam kerja peralatan dapat dilacak berdasarkan kegunaannya termasuk service dan jadwal pemeliharaan. Hal ini dapat mengurangi keberadaan karyawan di daerah operasi atau bergantung pada bagian lain untuk dihubungi dalam waktu-waktu tertentu.
Peta Operasi
KOMTRAX memberitahu anda kapan mesin beroperasi, apakah mesin bekerja ketika seharusnya bekerja.
 
Level Bahan Bakar
Informasi level bahan bakar membantu anda untuk mengelola jadwal pelayanan bahan bakar dan dapat membantu menggolongkan mesin mana yang bekerja paling berat. Bar A 15 pada grafik menunjukkan berapa banyak bahan bakar di dalam tangki pada penghujung hari.
Overheating
Komtrax memonitor suhu mesin pendingin. Sebuah peringatan akan ditampilkan jika melebihi batas. Peringatan ini dapat melindungi Anda dari perbaikan yang mahal.
Peringatan
Anda akan tahu bila lampu peringatan berkedip di dalam kabin. Peringatan hati-hati, dan kapan terjadinya, serta jumlah kejadian, akan ditampilkan pada website anda untuk diperiksa.
Abnormality Codes
Kode-kode abnormal pada mesin hanya akan disampaikan kepada UT sebagai distributor Komatsu sehingga teknisi dapat memecahkan masalah pada mesin sebelum tiba di tempat kerja. Hal ini akan mengurangi biaya perjalanan, downtime, dan memastikan bahwa peralatan sudah siap ditangani mekanik.
Penjadwalan Pemeliharaan
Sebuah tanda akan mengindikasikan perlunya beberapa penggantian seperti penggantian filter dan minyak, untuk meningkatkan produktifitas mesin, penjadwalan pemeliharaan, dan masa hidup peralatan yang lebih lama. Setiap penggantian dari jenis perawatan akan dicatat pada panel monitor, dan informasi itu dikirim ke Komtrax. Dalam Komtrax, anda dapat melihat riwayat perawatan lengkap dari mesin Anda.
Jam Kerja
Informasi operasi secara rinci akan memberitahu anda bagaimana dan kapan mesin sedang digunakan dan seberapa produktif mesin dan operator anda. Sangat mudah untuk mengikuti grafik yang tertera untuk menunjukkan mesin tepat waktu, waktu kerja sebagai refleksi dari katup tekanan, dan lampiran waktu pengoperasian.
Load Frequency
Mengetahui tingkat tekanan hidrolik dan muatan mesin, dapat membantu anda untuk membuat jadwal penggantian komponen yang lebih baik dan mencegah kegagalan besar. Ini juga berfungsi sebagai tanda peringatan dini untuk potensi situasi underload atau overload dan dapat memberitahu apakah anda menggunakan ukuran mesin yang tepat pada tugas tersebut.
Engine Lock
Jumlah kemampuan mesin untuk mengunci dan mengaktifkan lock menjamin bahwa mesin anda hanya dioperasikan di daerah yang ditentukan dan selama hari serta waktu yang ditentukan.
Konsumsi bahan bakar rata-rata per Jam
Diambil dari katup injeksi bahan bakar, Anda bisa mendapatkan berapa bahan bakar yang sebenarnya dikonsumsi dan bahan bakar rata-rata selama periode operasi. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi mesin yang bekerja terlalu keras, atau tidak cukup keras, dan juga mungkin perlu perawatan. Selain itu, akan membantu anda mengatur jadwal pengiriman bahan bakar dan menghitung total biaya untuk daerah operasi.
Informasi operasi mesin
Informasi operasi kunci seperti penggalian, perjalanan, menggali, relief, dan hoist times dapat membantu untuk memantau kinerja operator dan membantu pelatihan operator baru.
Data bulanan dan Laporan Tahunan
Ringkasan dari semua data penting yang tersedia berguna untuk membantu analisis pemanfaatan armada, penjadwalan mesin, pembelian peralatan berikutnya, biaya pekerjaan, dll.

 

3. Sebutkan elemen elemen penunjang SIM ?

 Jawab :

  1. Pemasok: menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan atau jasa
  2. Pelanggan: pembeli dari barang dan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  3. Serikat Pekerja: organisasi dari para pekerja perusahaan
  4. Masyarakat Keuangan: Lembaga-lembaga yang menyediakan sumber daya keuangan bagi perusahaan
  5. Pemegang Saham: pemilik yang menanamkan modalnya pada perusahaan
  6. Pesaing: organisasi atau perusahaan yang bersaing dengan perusahaan di pasar
  7. Pemerintah: mempengaruhi perusahaan melalui serangkaian kebijakan dan programnya
  8. Masyarakat Global: wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya

 

4. Definisi SIM ?
Jawab:

Definisi SIM, Sistem Informasi Manajemen – Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik.

Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.

Sebuah perusahaan mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari. Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan harus dibutuhkan: semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu.

SUMBER :

http://catatan-piper-comex.blogspot.com/2011/12/komtrax-komatsu-machine-tracking-system.html
http://duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html
http://www.angelfire.com/id/akademika/rkuliah1.html

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: